Usia optimal dari kereta api di Jepang, diperkirakan 15 tahun. Kereta Shinkansen seri 500 akhirnya pensiun setelah kurang dari 13 tahun melayani di layanan Nozomi service dari JR West.
Diluncurkan pada tahun 1994, Shinkansen seri 500 ini dibuat antara tahun 1995 dan 1998, sebanyak 9 set kereta. Bentuk khas keretanya didasarkan pada desain futuristik yang dibuat untuk Hitachi oleh desainer Jerman Neumeister, di tahun 1990.
Dikutip dari www.muza-chan.net, layanan kereta tersebut dimulai pada Maret 1997 dan meskipun dirancang untuk mampu melesat 320 km/jam, seri 500 tersebut dioperasikan pada kecepatan maksimum 300 km/jam di jalur Sanyou Shinkansen dan "hanya" 275 km/jam pada jalur Toukaidou.
Karena ini adalah kereta api pertama di dunia yang mampu mencapai kecepatan puncak 300 kilometer per jam [pada tahun 1997], para penggemar yang berkumpul di Tokyo, Osaka dan stasiun lainnya, mengucapkan selamat tinggal kepada kereta api Jepang berteknologi mengagumkan ini.
Shinkansen seri 500 ini akan tetap beroperasi pada layanan Kodama yang lambat, antara Osaka dan Hakata.