Pesan Tiket Online Pin BBM: 282E5C7C - 085263803555 Pesan Tiket Online Pin BBM: 282E5C7C - 085263803555

Kamis, 11 Agustus 2011

Koran Anak Muda Jepang, Manga No Shimbun

Orang-orang Jepang dari dulu sudah terkenal gila membaca koran.
Surat kabar harian kebanggaan mereka, Yomiuri Shimbun, mempunyai jumlah sirkulasi lebih dari 14,000,000 eksemplar (10 kali lipat dari jumlah sirkulasi The New York Times). Gak heran kalau Yomiuri Shimbun disebut sebagai surat kabar harian terbesar di dunia.


Sayangnya, sama seperti di negara lain, para pemuda-pemudi di Jepang tidak membaca koran sesering orangtua mereka. Tetapi Jepang memiliki solusi. Yaitu dengan menerbitkan Manga No Shimbun (Manga koran), sebuah situs surat kabar online yang mencakup berita-berita mingguan dalam bentuk komik (manga).

ni bukan sembarang manga lhoo. Semua cerita di situs ini adalah benar adanya. Setiap gambar dan tulisan dibuat berdasarkan kejadian-kejadian nyata mulai dari politik, keuangan, sampe sidang kasus pembunuhan.


Tujuan dari Manga No Shimbun adalah tentu saja untuk membuat anak-anak dan para remaja Jepang mengikuti perkembangan dunia, jangan cuma bisanya baca Fruits Basket aja.


Situs ini mempekerjakan lebih dari 100 seniman manga untuk meng-update ceritanya 10-15 kali sehari, beberapa bagian berwarna, yang lain hitam-putih. Gambarnya ada yang beraliran realistis, beberapa beraliran kawaii (cute).


Waktu aku baca, ada berita dari Indonesia lho, yaitu tentang anak kecil yang merokok puluhan batang rokok sehari...